Pickguards: Ini Apa yang Ada di Luar Itu

Gitar terdiri dari banyak bagian dan potongan. Fingerboards, soundboard, string, headstocks-semua komponen ini sangat penting untuk gitar dan semua memiliki pengaruh pada musik instrumen. Namun setidaknya ada satu bagian gitar yang sama sekali tidak memiliki pengaruh pada suara instrumen: pickguard. Sepotong bahan laminasi ini berada di bawah senar gitar pada tubuh instrumen. Tujuannya adalah untuk mencegah selesai gitar tergores atau rusak oleh pick gitar. Jadi sementara pickguard dapat melayani tujuan yang sangat penting, terutama untuk seseorang yang hanya membayar beberapa ribu dolar untuk mainan baru yang mengkilap, itu tetap tidak memiliki aplikasi musik.

Meskipun pickguard bisa datang dalam berbagai desain, desainer gitar biasanya mencoba untuk mencocokkan gaya headstock gitar dan pickguard. Ini benar untuk instrumen akustik dan elektrik. Pada gitar akustik, pickguard biasanya terbuat dari plastik tipis dan dipasang tepat di bawah lubang suara. Namun, banyak gitar akustik yang dimaksudkan untuk dimainkan dengan jari; Oleh karena itu mereka tidak memiliki pickguard karena tidak ada yang dibutuhkan. Gitar listrik, di sisi lain, selalu dimainkan dengan pick, seringkali cukup agresif. Pickguard pada instrumen ini sering menutupi area permukaan yang besar, lebih baik untuk melindungi instrumen.

Penggunaan pickguard yang ada di mana-mana mungkin merupakan bukti status sosial gitar; atau lebih tepatnya, status sosial itu bisa sesuai dengan musisinya. Gitaris, terutama mereka yang mendahului band rock atau country tertentu, sering dianggap simbol seks. Dari daya tarik inilah banyak popularitas dan kekayaan konsekuen dihasilkan. Oleh karena itu, masuk akal bahwa seorang gitaris profesional ingin menjaga instrumennya semenarik mungkin. Setelah semua, dia jauh lebih mungkin untuk dianggap serius ketika memainkan gitar yang terlihat sempurna daripada yang tergores dan dipukuli. Dan pickguard, tentu saja, dirancang untuk mencegah hal itu.

Pickguard juga, selama bertahun-tahun, menjadi sumber tambahan ornamentasi gitar. Inlay, tentu saja, adalah cara paling tradisional untuk mendekorasi gitar. Namun, pickguard juga berguna karena mereka dapat dengan mudah dibuat dari bahan yang kontras dengan tubuh gitar: pickguard hitam akan “pop” pada gitar putih, misalnya. Sementara sebagian besar pickguard adalah plastik, ada daftar panjang bahan menarik dan kadang-kadang eksotis lainnya yang dapat digunakan: kaca akrilik, kaca, kayu lapis, kain, logam, ibu mutiara, bulu, kulit mentah dan bahkan batu mulia.

Akhirnya, kalau-kalau Anda membutuhkan lebih banyak bukti asosiasi pickguard dengan ketenaran dan keindahan, bagian gitar ini adalah lokasi umum untuk tanda tangan. Gitar yang ditanda tangani adalah barang kolektor yang sangat populer dan dapat mengambil sejumlah uang yang konyol, tergantung pada tanda tangan siapa yang ditawar. Pengawal memiliki keuntungan karena mudah terlepas, yang berarti bahwa seseorang yang ditandatangani dapat dipindahkan ke gitar lain atau bahkan dijual secara terpisah sebagai potongan instan memorabilia. Selain itu, pickguards berfungsi sebagai tempat yang nyaman bagi produsen gitar untuk menempatkan logo mereka-dan jauh lebih baik jika nama yang terkenal berakhir tepat di sebelahnya.